Memupuk Kesadaran Diri (Self Awareness) sebagai Upaya Preventif di Tengah Pandemi

 

Memupuk Kesadaran Diri (Self Awareness)

sebagai Upaya Preventif di Tengah Pandemi

ditulis oleh : Bagas Satria Wicaksono, Mahasiswa IAIN Jember, Prodi Hukum Pidana Islam

 

Dewasa ini Virus Covid-19 atau lebih dikenal dengan Corona telah menyebar secara luas dalam sebuah negara, tentunya bukan hanya Indonesia saja, tetapi negara tetangga layaknya Singapura dan Malaysia juga terkena dampaknya. 

Corona atau (Covid-19) ini  merupakan jenis virus baru yang menyerang sistem pernafasan, bahkan virus ini juga bisa menyebabkan kematian. 

Maka dari itu virus ini bisa menyebar sangat cepat dari orang ke orang. Bahkan dampak dari adanya Covid-19 ini membuat kekhawatiran secara universal serta membuat perekonomian di setiap negara menjadi melemah. 

Sehingga tidak tertinggal dalam sebuah liputan, Covid-19 ini menjadi nomor satu di tiap-tiap sorot media, karena angka atau jumlah korban dari adanya virus ini setiap hari bukan malah sedikit tetapi justru semakin membukit (bertambah).

Oleh karena itu banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, sampai ranah Perguruan Tinggi harus melakukan pembelajaran online atau daring. 

Ya tentu sejatinya memang benar kita sebagai manusia tidak bisa menyalahkan keadaan, karena yang dapat menyelesaikan permasalahan seperti ini bukanlah pemerintah, doktor, ataupun para ahli hukum, tetapi dia lah sang pencipta alam semesta yang dapat mengubur virus mematikan ini sampai sirna. 

Namun hal tersebut jangan sampai dijadikan alasan untuk kita menjadi pasrah dalam sebuah keadaan yang kritis, justru dengan adanya pandemi covid-19 ini kita harus bersabar, banyak berdo’a dan berusaha untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara memupuk kesadaran diri (Self Awareness). 

Kita ini adalah manusia yang dimana sekarang ini kita hidup di tengah masyarakat, mau tidak mau waktu itu akan tiba, waktu dimana kita harus menghadapi virus ini secara langsung. Oleh karena itu bekal apa yang harus kita persiapkan?

Meningkatkan Kesadaran pada Masyarakat.

            Dalam hal ini dengan meningkatkan kesadaran masyarakat justru akan membuat nagara Indonesia ini sedikit menjadi lebih baik. 

Meningkatkan kesadaran masyarakat di tengah pandemi ini merupakan cara yang terbilang sangat sederhana untuk saling mengingatkan terhadap sesama manusia. Dimana secara garis besar menegaskan bahwa “hidup kita bukan hanya milik kita saja, karena setiap orang itu tidak bisa terlepas dari peranan orang lain”. 

Sehingga ketika kita melakukan sebuah kebaikan maka kebaikan itu juga akan kembali kepada sesuai dengan apa yang telah kita perbuat. Maka dari pada itu kesadaran adalah kunci utama untuk bisa memutus yang namanya rantai penyebaran Covid-19.

Meningkatkan kesadaran diri dengan mengikuti protokol kesehatan.

            Kita sebagai manusia itu harus bisa menghargai usaha yang telah diterapkan oleh pemerintah, caranya? Ya dengan tidak keluar rumah atau menggunakan masker saat bepergian setidaknya itu juga demi kebaikan diri kita sendiri. 

Bayangkan mereka para tenaga medis yang berjuang di garis depan sebagai tameng masyarakat dalam menghadapi pandemi ini satu persatu telah gugur. Jika hanya sebatas menggunakan masker ketika bepergian saja kita tidak perduli, ya jangan salahkan kan pemerintah ataupun para tenaga medis. 

Perlu kita ketahui bahwa setiap upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah itu tidak akan berarti apabila kita tidak mendukung upaya tersebut.

            Sebagai masyarakat yang masih di berikan kesempatan untuk hidup, setidaknya jangan hanya bisa memberikan kritik yang bersifat menyalahkan, tepi kita juga harus bisa mengintrospeksi diri kita sendiri. 

Dengan begitu kesadaran yang pada awalnya masih sedikit atau tertutup perlahan-lahan mulai bertambah dan terbuka, hal tersebut yang nantinya kan melahirkan rasa kepedulian yang tinggi di tengah wabah virus yang dialami oleh negara Indonesia sekarang ini. 

Sehingga kita tidak boleh bersikap egois, dengan meredam kemauan serta keinginan yang ada di dalam diri ini setidaknya itu membuat kita terhindar dari paparan Covid-19. Maka dari itu mari bersama-sama untuk membantu pemerintah, tenaga medis, dan para masyarakat banyak dalam melawan virus ini, dengan meningkatkan kesadaran diri dan rasa kepedulian kita sebagai manusia yang berguna bagi khalayak umum.

Urgensi Kesadaran Antar Manusia Sebagai Upaya Preventif dalam perkembangan COVID-19

            Kesadaran antar manusia itu merupakan sebuah proses untuk mencegah rantai penyebaran virus corona. Tentunya hal ini akan memberikan value terhadap kita sesama manusia untuk bisa lebih memahami dan mengerti bagaimana kondisi yang sedang terjadi sekarang ini. 

Keadaan yang dimana akan membuat setiap individu itu sendiri menjadi sadar dan paham bagaimana jika mereka kehilangan rasa kepedulian dan kesadaran diri dalam jiwa mereka. 

Setiap manusia pasti memiliki yang namanya hati nurani, sebuah hati yang memiliki rasa peduli demi sehatnya negeri. 

Maka dari itu setidaknya bagi kalian yang masih menutup kesadaran diri, tolong bukalah hati nurani itu, agar kesadaran diri yang terbelenggu di dalam jiwamu itu bisa keluar dan menjadi secercah cahaya untuk dirimu dan bagi masyarakat banyak serta dapat memulihkan dunia adri wabah virus corona.

           

Tidak ada komentar untuk "Memupuk Kesadaran Diri (Self Awareness) sebagai Upaya Preventif di Tengah Pandemi"