Jerinx SID tersangka, Ujaran 'IDI kacung WHO'

Jerinx SID tersangka, Ujaran 'IDI kacung WHO'


Musisi I Gede Ari Astina alias Jerinx Superman Is Dead (SID) resmi ditahan polisi di Polda Bali. Ia bersarang di balik jeruji besi atas laporan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) atas dugaan pencemaran nama baik. Pasalnya, suami Nora Alexandra ini mengunggah tulisan di Instagram dengan menyebut 'IDI Kacung WHO' yang disertai emoji babi.

Persepsi saya pribadi kata kacung itu sebenarnya tidak rendah. Maksud saya kacung itu ya pelayanan. Bisa dilihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia," ungkapnya didampingi Kuasa Hukum Wayan Gendo Suardana kepada sejumlah awak media di Kantor Ditreskrimsus Polda Bali.

Jerinx SID pun telah mengakui secara sadar membuat unggahan itu sebagai bentuk kritik. Dia juga telah meminta maaf.

Beberapa kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh jerinx, mulai dari aksi di lapangan Renon dengan alasan tolak rapid Test sebagai persyaratan perjalanan, karena dirasa rapid test ini tidak mempengaruhi sama sekali positif atau negatifnya masyarakat jika melalui rapid test.

Bahkan, banyak sekali konspirasi-konspirasi yang mengatakan, rapid test yang beredar saat ini hanyalah sebagai ladang bisnis, karena banyak mengancam masyarakat kelas bawah untuk lanjut bekerja ke kota perantauan.

Tak lama kegiatan aksi yang di pimpin oleh jerinx , banyak Masyarakat yang pro atas aliansi ini, terlebih lagi masyarakat kelas bawah. Tentunya massa untuk menyuarakan tolak rapid Test di Bali ini sangatlah tepat, belum lagi dari paka kedokteran pun mengatakan bahwa rapid test ini tidak sama sekali bisa membuktikan pasien tersebut terpapar Covid-19 atau tidak.

Mengingat  komentar yang diunggah di Instagram oleh jerinx yang mengatakan bahwa IDI itu kacung WHO, sepantasnya bisa di klarifikasikan dahulu sebelum IDI melaporkan ke kepolisian, tapi mengingat jerinx sudah memenuhi panggilan dari pihak Polda Bali.

Menurut penulis, ada dua subjek di dalam pertikaian ini, diantaranya adalah jerinx dan IDI sebagai pihak yang melaporkan menjadi tersangka. Sebenarnya di dalam ungkapan maupun unggahan yang katakan oleh jerinx hanya bermaksud untuk menyuarakan, berpendapat, karena negara kita adalah negara demokrasi . Tidak ada  niat sekalipun jerinx untuk menghina organisasi IDI.

Banyak yang mengatakan ungkapan jerinx adalah suatu bentuk ujaran kebencian yang mengakibatkan jerinx sebagai tersangka dalam kasus ini, dan terancam 6 tahun penjara  atau denda uang  sejumlah 1 Milyar karena melanggar pasal UU ITE.

Pesan terakhir dari penulis, negara kita adalah negara demokrasi, negara yang bebas berpendapat. Menurut saya kalimat 'kacung' yang diungkapkan oleh jerinx tidak salah, karena jika dikaji lagi di KBBI arti kata kacung adalah ' pesuruh, pelayan (anak laki laki).

Terlebih juga, negara ini harus mengerti akan hal The Real Democracy dan Freedom of Speech.
............................................................................................................................................

Penulis : Azalia Elian Faustina (Mahasiswa Hukum Pidana Islam IAIN Jember)
Akun Instagram : azalia.elian

Tidak ada komentar untuk "Jerinx SID tersangka, Ujaran 'IDI kacung WHO'"